Sejarah SMK Negeri 1 Cilieungsi

SMKN 1 CIleungsi

Sejarah SMK Negeri 1 Cileungsi kabupaten Bogor, Jawa Barat pada proses pendiriannya melalui tahapan yang begitu melelahkan akhirnya SMK Negeri 1 dapat hadir di Cileungsi beberapa kali pertemuan dengan pejabat setempat dan para praktisi pendidikan, adapun pertemuan tersebut adalah sebagai berikut :

Tahapan Pertemuan Sebagai Sejarah Berdirinya SMK Negeri 1 Cileungsi, Kabupaten Bogor

Pertemuan I

” Bertempat di kantor Kecamatan Cileungsi, Bpk Beben selaku Camat Cileungsi mengundang beberapa pejabat setempat dan beberapa praktisi pendidikan guna membahas tentang pendirian SMK Negeri 1 Cileungsi”

Pertemuan II

” Dengan mengacu pada pertemuan I, maka adanya kesepakatan pembentukan pengurus USB SMK Negeri 1 Cileungsi dengan dibentuknya PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru)”

Pertemuan III

Bertempat di gedung WMM SMK Negeri Gunung Putri dibentuklah POKJA PPDB dengan diketuai oleh Bpk Aman Sihombing, M.Pd, penerimaan siswa didik ini tertumpu pada dua titik yaitu :
1. Aula Kantor Kecamatan Cileungsi
2. SMP Negeri 1 Cileungsi

Pada awal, SMK Negeri 1 Cileungsi NPSN: 69847637 yang berdiri diatas tanah seluah 18.524,453 meter persegi memulai proses belajar mengajar dengan jumlah siswa yang diterima sekitar 190 siswa. Seluruh siswa dibagi menjadi 3 kelompok keahlian, yaitu teknik komputer dan jaringan, teknik gambar mesin dan teknik otomasi industri.

Peresmian SMK Negeri 1 Cileungsi Kabupaten Bogor dilangsungkan acara di SMKN 1 Cileungsi yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bogor , Kapolsek , Danramil serta tokoh agama , acara berlangsung dengan suasana haru.

Kepala SMKN 1 Cileungsi , Aman Sihombing, M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada kepala dinas pendidikan kab bogor, Dace Supriyadi, SH,MSi yang telah memberikan dukungannya secara penuh , sehingga gedung unit yang baru, atau USB SMKN 1 Cileungsi dapat terlealisasi. Yang terdiri dari satu ruang kepala sekolah, satu ruang tata usaha, satu ruang guru, dan enam ruang kelas belajar.

SMKN 1 Ciluengsi menggunakan lahan milik atau yang dikuasai pemerintah Kab Bogor. Penetapan status penggunaan lahan tanah yang terletak di perumahan Kota Wisata, Desa Limus Nunggal Kec Cileungsi, kabupaten Bogor.

SMKN 1 Cileungsi tahun pelajaran 2014/2015 mempunyai 11 rombel terdiri dari, kelas 10, enam kelas dengan jumlah siswa 219, siswa kelas 11, lima kelas dengan jumlah 116 siswa. Total jumlah siswa seluruhnya sebanyak 385 siswa.

Pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/1014, SMKN 1 Cileungsi menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP 2006. Sedangkan untuk semester genap sudah menggunakan kurikulum 2013 hingga sekarang.

Demikian Sejarah SMK Negeri 1 Cileungsi, semoga dalam perjalanan berikutnya SMK Negeri 1 Cileungsi mampu bersaing dan berprestasi menjadi SMK Bisa yang membanggakan di wilayah Cileungsi Kabupaten Bogor, Jawa Barat.